90 Persen Pekerja Seks di Solo Terinfeksi Penyakit Menular

TEMPO Interaktif, Solo:Hampir 90 persen pekerja seks komersial di Kota Solo diketahui telah terular infeksi menular seksual (IMS).

Dari penjangkauan yang dilakukan SPEK HAM, sebuah organisasi non pemerintah yang bergerak di bidang perempuan, di kota itu terdapat sedikitnya 1.429 perempuan pekerja seks baik langsung maupun tidak langsung.

Menurut Manajer Program Aksi Stop Adis (ASA) SPEK HAM, Indriyanti Suparno, di Kota Solo terdapat ratusan titik yang menjadi tempat mangkal para pekerja seks.

“Dengan jumlah pelanggan sebanyak 35.317 orang, bisa dibayangkan persebaran penyakit menular seksual di Kota Solo,” kata dia kepada Tempo, Jum’at (31/8).

Sejak setahun terakhir, SPEK HAM bersama dengan Family Health International melakukan kampanye pencegahan IMS termasuk HID/AIDS.

Indriyati mengakui baru separuh dari pekerja seks di Kota Solo yang sudah melakukan pemeriksaan kesehatan. Dia menyebut jumlah pekerja seks yang sudah melakukan pemeriksaan sebanyak 818 orang. Dari mereka yang memeriksakan diri itu, diketahui 90 persen tertular IMS.
Imron Rosyid