BAPAK TOKOH REVOLUSIONER CHE GUAVARA MENGAJAK KITA CARA PERJUANGAN

Jika ingin Papua Merdeka, jgn pikir yg tinggi-tinggi. Mari mulai dengan cara sederhana, mulailah dari kita, yaitu mengubah paradigma berfikir kita dalam melihat Papua, melihat musuh dan perempuan…

pertama, hentikan paradigma kedaerahan (radikalisme suku, fam, daerah atau terminologi gunung pantai). hentikan cara anda memandang perempuan Papua dengan nafsu birahi, tetapi perlakukanlah seorang perempuan sebagai sahabat perjuangan.

jangan memakai nama perjuangan demi kepentingan nafsu pribadi atau agar si perempuan tertarik dengan cara bicara saya, cara orasi saya, pandangan perjuangan saya, begitu juga sebaliknya perempuan perlakukan laki-laki (ini banyak terjadi) itu namanya carmuk (cari muka). Ambil kesepakatan dan komitmen untuk setia disiplin diri, membekali diri dengan wawasan yang luas. kedua siap untuk menerima kematian dan ancaman dari musuh. kalau sudah komitmen jangan jadi penakut. berani memulai harus berani untuk mengakhiri.. berani mengambil keputusan untuk melalui jalan pecek, maka harus siap bila anda harus kena duri, linta, nyamuk, tersentuk batu, jatuh, dll.

anda jangan suka gosip murahan sesama aktivis yang bertujuan untuk menjatuhkan dan melemahkan.  terutama dari smua adalah mengandalkan Tuhan dalam doa. minta Tuhan memakai anda sebagai alat revolusi. Kalau anda sudah beres dalam paradigma anda memandang Papua, maka tugas berikut adalah kasih tau kepada setiap orang yang anda ketemu tentang alasan mengapa Papua harus merdeka sendiri. ceritakan kepada mereka tentang kondisi-kondisi yg tengah dialami oleh rakyat Papua. tunjukan sikap kepada mereka bahwa didalam diri kita ada harapan Papua Merdeka, ada semangat Papua merdeka sehingga mereka mengerti dan menyadari tentang pentingnya persatuan, solidaritas, bahu-mebahu dalam perjuangan. korbankan pulsa di hp anda untuk mengerim pesan-pesan perjuangan, beritahukan kepada saudara-saudari kita yang bekerja di pemerintahan penjajah, militer, dan karyawan perusahaan bahwa mereka sedang bekerja mendukung penindasan di Papua.

Yakinkan kepada mereka bahwa di kampung-kampung mereka sekarang penuh dengan orang pendatang. Di sepanjang lorong jalan di kota-kota Papua penuh dengan ruko-ruko, ojek-ojek intel, pedagang racun, perempuan sundal dg HIV, remaja Papua yang mabuk dan banyak yang mati. Jangan anda diam tapi bergeraklah dari sekarang. jangan kita memberikan harapan yang semu kepada rakyat tentang papua merdeka. tapi yakinkanlah rakyat bahwa perjuangan sesungguhnya ada di rakyat akar rumput, bukan di elit pejuang Papua. rakyat Papua harus berdonasi untuk dukung perjuangan, rakyat Papua harus kritis melihat kiat-kiat musuh disekitar mereka, rakyat Papua harus melihat Papua ada dalam kondisi darurat dan walaupun secara kasat mata mereka tidak lihat tapi kesadaran bahwa orang papua banyak yang mati secara sistematis.

Kita juga harus meyakinkan kepada setiap orang dekat kita bahwa apa yang sedang dilakukan oleh Goliat Tabuni harus didukung, begitu juga Kelik Kwalik, matias wenda, richard yoweni melalui aksi senjata. akhirnya anda sadar, keluarga anda sadar, tetangga anda sadar, kawan kampus/sekolah anda sadar, dan rakyat Papua sadar bahwa Papua Merdeka adalah kebutuhan yang utama hari ini. syalom. Tuhan memberkati kita semua. Selly