Pemutaran Film Tentang HIV/AIDS Penting Bagi Masyarakat

JAYAWIJAYA – Guna memberikan pemahamanan tentang bahaya penyebaran HIV/AIDS bagi masyarakat, serta untuk menambah pengetahuan atau informasi bagaimana proses penularann virus HIV/AIDS, maka Yayasan Pengembangan Kesehatan Masyarakat (YPKM) Wilayah Pegunungan Tengah Papua menggelar kegiatan penyuluhan bahaya dan proses dari HIV/AIDS, sekaligus pemutaran film di Potikelek, Wamena, Jumat (25/9).
Koordinator YPKM Pegunungan Tengah, Jhon Maurids Suebu, SH mengatakan, kegiatan penyuluhan dan pemutaran film tentang HIV/AIDS bagi masyarakat sangat penting untuk menambah pengetahuan atau informasi, bagaimana proses penularan HIV/AIDS bagi manusia.

‘’Pada intinya pemutaran film ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat banyak, tentang cara penularan virus HIV/AIDS sehingga masyarakat bisa melakukan pencegahan dini,”ungkapnya kepada wartawan usai kegiatan tersebut.

Dikatakan, pihaknya berharap kegiatan ini bisa bermanfaat dalam menyebarkan informasi kepada masyarakat lain, baik di masing-masing distrik maupun kampung. Oleh karena itu, masyarakat diminta mengikuti kegiatan ini, sehingga bisa menggugah penonton untuk tidak melakukan hubungan seks bebas dan nantinya juga akan mendapatkan solusi yang terbaik bagi masyarakat.

Lebih jauh diungkapkan, infeksi virus HIV/AIDS di Kabupaten Jayawijaya sudah banyak ditemukan, sehingga masyarakat luas perlu mengetahui cara-cara bagaimana mencegah agar tidak terkena virus HIV/AIDS yang belum ditemukan obatnya ini.

Dijelaskan, virus ini hidup di dalam darah dan cairan tubuh manusia, seperti di dalam air mani, sedangkan penularannya bisa melalui hubungan seks, jarum suntik maupun ibu hamil kepada anaknya.

Diungkapkan, jumlah yang terinveksi virus HIV/AIDS pada umumnya di Kabupaten Jayawijaya dan khususnya Kota Wamena terus meningkat tajam. ‘’Dengan kenaikan angka ini diharapkan peranan semua insan untuk membantu menanggulangi penyebaran virus HIV/AIDS di wilayah Pegunungan Tengah,”tandasnya.(nal/ary)