Ada Versi Utuh Foto Bugil Praja IPDN Asal Papua

Roy Suryo: Rangkaian Gambar Hasil Potongan dari Pita Video

JAKARTA – Kasus beredarnya foto bugil mantan praja IPDN asal Papua berinisial SM nampaknya bakal terus bergulir. Pengamat telematika Roy Suryo memperkirakan rekaman utuh SM dengan pasangannya bakal beredar luas juga.

“Itu adalah rekaman gambar yang dipotong-potong dari handycam. Jadi pasti ada versi utuhnya. Kalau yang potongannya sudah bocor, bisa jadi versi utuhnya tinggal menunggu waktu saja,” ujar Roy yang dihubungi JPNN, Jumat (6/3) malam.

Lebih lanjut Roy mengatakan, dari penelusuran yang dilakukannya memang belum diketahui meta data tentang rangkaian gambar mesum itu. Alasannya, karena potongan-potongan itu awalnya adalah rekaman gambar dalam bentuk rekaman video dari handycam yang belum menggunakan perekam digital.

“Rekamannya dibuat dengan handycam yang masih menggunakan pita kaset video. Jadi tidak ada meta datanya,” tandasnya. Meski demikian Roy merincikan, jika dilihat dari kualitas gambarnya maka bisa jadi potongan gambar itu dibuat sebelum tahun 2007.

Lantas mengapa bisa bocor ke publik? Roy menduga ada dua kemungkinan. Pertama, kebocoran terjadi saat gambar yang masih berbentuk pita kaset itu di-capture atau dikonversi ke dalam bentuk digital. “Ada keteledoran atau kesengajaan saat meng-capture gambar menjadi format digital, sehingga bocor ke publik,” ulasnya.

Kemungkinan kedua, bisa jadi kebocoran itu lantaran media rekam digital hasil capture dari pita video hilang dan ditemukan pihak yang tak bertanggung jawab. “Artinya, kalau itu potongan-potongan gambar dari film utuh yang dicapture ke bentuk digital, jelas ada masternya yang dipegang pihak tertentu. Nha pemegang master inilah yang menyebarkan,” ulasnya.

Namun demikian Roy memastikan bahwa dari komparasi antara kumpulan gambar hasil potongan gambar video dengan gambar SM yang berseragam Praja IPDN adalah sosok yang sama. “Itu adalah orang yang sama. Hanya saja yang gambar SM mengenakan seragam IPDN itu resolusinya sudah sanat tinggi dan kualitasnya jauh lebih baik dari tidak seperti di potongan gambar,” tandasnya.

Seperti diberitakan, di beberapa situs internet foto-foto bugil yang jumlahnya 31 frame itu telah disusun rapi dalam bentuk persegi empat. Di tengah-tengah kumpulan gambar, terampamg SM dengan mengenakan seragam IPDN berukuran setengah badan.(ara/jpnn)